Langkah Awal Memasuki Dunia Baru

As-salaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Asy-hadu al-la ilaaha illallaah wa asy-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuulullaah

Allaahumma shalli wa sallim wa barik ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa ‘ala aalihi wa shahbihi aj-ma’iin

Pertama-tama marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat perkenan-Nya-lah akhirnya blog yang sudah sekian lama diidam-idamkan ini bisa diwujudkan keberadaannya di dunia maya ini.

Tak lupa shalawat dan salam kita haturkan pula kepada junjungan kita Nabi dan Rasul akhir jaman Muhammad SAW, karena berkat baginda Rasul itu kita bisa sampai pada keislaman yang kaffah dengan syariat yang sempurna.

Para blogger yang saya hormati,

Sebagaimana yang diajarkan kepada kita sekalian tentang Allah SWT bahwasanya Dia ada di mana saja, maka tak terkecuali di dunia yang dikatakan ‘maya’ ini (padahal ada istilah ‘mayapada’ yang kurang lebih artinya sama dengan dunia maya juga). Karena itulah meskipun kita tengah online hendaknya kita juga tidak pernah lupa bahwa kita tetap senantiasa berada di bawah pengawasan-Nya. (Perlu juga untuk kita ketahui bersama bahwa dunia maya ini hanyalah sebagian kecil saja dari sekian banyak dunia yang berada di bawah genggaman kekuasaan-Nya. Disamping dunia yang dikatakan maya ini ada juga dunia jin, dunia roh, dan lain sebagainya.)

Dalam kesempatan ini pula, perkenankan saya untuk mengingatkan kepada para blogger tentang curahan rahmat dan berkah yang melimpah di dunia maya ini yang kesemuanya itu bersumber kepada satu eksistensi, yaitu Allah SWT. Di saat kita tengah dilanda masalah yang membuat sesak dada kita, ada banyak fasilitas yang ditawarkan untuk curhat ataupun mendapatkan penghiburan. Mulai dari chatting, e-mail, blogging, search engine, youtube, hingga facebook. Nah, ketika kita terhubung dengan fasilitas-fasilitas itu, segera kita rasakan bahwa beban kita menjadi semakin terasa ringan. Begitu pula di saat kita merasa bahagia (bahkan narsis kata orang jaman sekarang), fasilitas-fasilitas yang ada tetap bisa berfungsi untuk meng-up load apa-apa yang ingin kita share atau bagikan kepada sesama itu. Juga ketika kita membutuhkan informasi data untuk keperluan self-study, maka sekian fasilitas itu telah cukup menggambarkan betapa banyaknya pintu-pintu terbuka untuk memberikan masukan.

Para blogger yang saya hormati,

Kesemuanya itu jika kita perhatikan, rasakan, dan hayati bersama akan membawa kita pada muara satu kesimpulan: rahmat yang tidak terhitung yang datangnyapun tidak pernah ada hentinya dari Allah SWT. Ya, memang begitulah adanya. Sama halnya jika kita menghitung-hitung berapa banyak nikmat Allah yang diberikan kepada kita dalam menjalani hidup di dunia ‘nyata’ ini. Oksigen yang kita hirup, air untuk keperluan MCK maupun memasak, bumi tempat berpijak, cahaya matahari, dan lain sebagainya, kesemuanya akan bermuara pada satu kesimpulan pula, yaitu: rahmat yang tidak terhitung yang datangnyapun tidak pernah ada hentinya dari Allah SWT.

Karena itulah, para blogger yang budiman, dengan mengingat itu semua jangan sampai kita terlena pada kehidupan yang serba sementara ini bahkan menukarnya dengan kehidupan akherat yang lebih kekal dan lebih abadi. Juga hendaknya hal itu mengingatkan kita pula untuk senantiasa berbuat kebajikan di manapun kita berada, meskipun di dunia maya.

Demikianlah kata-kata sambutan awal yang menandai dibukanya blog saya yang baru ini. Sebuah blog yang bernuansa dakwah keislaman dengan cara baru, yaitu melalui blog di Internet. Mudah-mudahan ini akan menginspirasi kebajikan pada diri kita semuanya. Amin.

Robbanaa aatinaa fid-dunya khasanah, wa fil aakhirati khasanah, wa qina adzaban naar

Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin

As-salaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: